Rabu, 08 April 2015

Promosi dalam Usaha

Usaha yang saya lakukan dalam medapatkan penghasilan tambahan yaitu menjual asesoris Hp. Walaupun masih dalam skala kecil tetapi tetap saja dibutuhkan suatu promosi, yang bertujuan untuk memperkenalkan atau memberitahukan. Dan jika orang sudah tau maka transaksi penjualanpun akan lebih sering dilakukan. 

Berdasarkan apa yang sudah saya lakukan, untuk memperkenalkan barang atau item yang akan saya jual, pertama memberitahu teman, baik teman yang berada di lingkungan kerja, lingkungan tempat tinggal, ataupun lingkungan tempat perkuliahan. langkah ini saya lakukan agar proses memperkenalkan lebih cepat dan memberitahu bahwa ini lho saya jual asesoris HP. 

Langkah Kedua memberitahu lewat media sosial, seperti BBm, Facebook dan lain sebagainya. Di langkah ini saya hanya baru memberitahu lewat bbm, dan akan menyusul lewat facebook. Dengan media sosial maka orang yang akan tahu akan semakin banyak dan ruang lingkupnya semakin luas, karen teman yang berada dimedia sosial bukan hanya teman yang sering bertemu setiap hari, tapi juga teman lama yang jarang sekali bertemu. Selain yang sudah saya sebutkan tadi  dengan media sosialpun bisa langsung memberikan sampel barang yang dijual dengan memajang gambar/picture pada Profil sehingga barang yang ingin dijual terlihat oleh target sasaran. Dengan 2 langkah ini saya untuk perkenalan dan untuk mempromosikan barang yang kita jual saya rasa sudah cukup, jika hanya sekedar untuk mendapatkan p3nghasilan tambahan saja. Akan tetapi jika saya ingin melebarkan lagi sayap usaha saya, maka langkah berikutnya yaitu membuatkan brosur atau katalog untuk disebarkan atau dibagikan. Target sasarannya yaitu orang orang yang belum kita kenal. Hal ini lebih bagus apabila diikuti dengan pembukaan toko, walaupun tidak besar minimal ada tempat atau alamat untuk dicantumkan pada brosur atau katalog yang akan diebarkan, sehingga orang yang membaca bisa langsung ketoko atau counter jika memang mereka minat.

Dan Jika memang ingin memperluas dan mengembangkan lagi usaha yang sudah dijalani. saya memilih langkah untuk mempromosikan lewat blog atau marketplace, Karena disitulah orang-orang yang tidak kenal dari sabang sampai merauke bisa melihat atau mengetahuai apa yang saya promosikan disana. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar